RANCANGAN INSTRUMEN PENILAIN
KOGNITIF
1. Mengembangkan Kisi-Kisi
Kisi-kisi penilaian
merupakan bagian yang tak terpisahkan
dari kegiatan perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus dan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP). Di dalam silabus, pendidik menunjukkan
keterkaitan antara SK, KD, materi pokok/materi pembelajaran, alokasi waktu,
sumber belajar di satu sisi, dengan indikator pencapaian KD yang bersangkutan
beserta teknik penilaian dan bentuk instrumen yang digunakan. Teknik penilaian
dan bentuk instrumen dapat dituliskan dalam satu kolom, dan dapat pula dituliskan
pada kolom yang berbeda. Contoh format kisi-kisi suplemen RPP disajikan sebagai
berikut.
RANCANGAN INSTRUMEN EVALUASI
KOGNITIF
Nama Sekolah : ................................
Kelas
: .................................
Semester : .................................
Kompetensi Dasar
|
Indikator Kompetensi
|
Ranah dan Tingkatan
Hasil Belajar
|
No.
Soal
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
|
Siswa dapat menyebutkan kegunaan paru paru
|
V
|
|
|
|
|
|
1,2,3,4,5
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Jumlah
Soal
|
|
Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia
|
Menyebut
kan kegunaan paru-paru
|
Tes
|
Pilihan Ganda
|
5
|
Untuk menilai pencapaian standar kompetensi dalam satu semester,
pendidik merancang penilaian untuk
semester yang bersangkutan. Kisi-kisi penilaian memuat SK, KD, dan indikator pencapaiannya
yang dapat dijadikan dasar penyusunan teknik penilaian dan bentuk penilaian. Kisi-kisi ulangan akhir semester dapat
dirancang dengan memuat tes tertulis dan tes praktik. Contoh format kisi-kisi
ulangan akhir semester disajikan sebagai berikut.
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk soal
|
Dituliskan seluruh SK dalam semester bersangkutan
|
Dituliskan KD yang esensial dari SK yang
bersangkutan
|
Dituliskan
indikator
pencapaian
yang esensial
dari KD yang
bersangkutan
|
Dicantumkan jenis penilaian yang dipilih dipilih,seperti tes, observasi, unjuk kerja dan lain-lain
|
Dituliskan
bentuk
tes yang dipilih seperti tes
pilihan ganda, esai, menjodohkan dan lain-lain
|
Untuk tes tertulis, kisi-kisi untuk ulangan akhir semester dapat dibuat
seperti contoh berikut.
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
Bentuk Butir Tes
|
|||
Pil
Ganda
|
Isian
|
Uraian
|
.....
|
|||
Dituliskan
seluruh SK dalam semester
bersangkutan
|
Dituliskan KD yang esensial dari SK yang
bersangkutan
|
Dituliskan
indikator
pencapaian
yang esensial
dari KD tersebut
|
...butir
|
... butir
|
...butir
|
...butir
|
Pemilihan materi
dilakukan dengan mengambil sampel yang mewakili, dan banyaknya tiap materi
ditentukan secara proporsional berdasarkan pengalaman belajar siswa, tingkat
pentingnya, dan kompleksitas bahan yang bersangkutan. Jumlah soal secara
keseluruhan ditentukan berdasarkan waktu yang tersedia, misalnya dengan
memperhitungkan rata-rata lama pengerjaan setiap butir soal
0 komentar:
Posting Komentar