RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : PGSD UPY
Kelas/Semester : I/II
Tema/Subtema : Benda, Hewan, dan Tanaman di
Sekitarku/Hewan di Sekitarku
Pertemuan
ke : 4
Hari/Tanggal : Kamis, 22 Mei 2014
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35
menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun. Peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jeas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar:
1.1 Mengenal
teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
2.1 Menyampaikan
teks terimakasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Indikator:
1.1 Menjelaskan
perbedaan membaca puisi dengan wacana tentang kasih sayang
2.1 Membaca
puisi tentang kasih sayang terhadap hewan pemeliharaan
Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
2.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari terkait
dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator:
1.1 Menjelaskan
cara menyelesaikan penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah
2.1 Menyelesaikan
soal-soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah
SBDP
Kompetensi Dasar
1.1 Mengamati
berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam
membuat prakarya
2.1 Membuat
karya seni ekspresi dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana
menggunakan bahan alam
Indikator
1.1 Menyebutkan
berbagai bahan pembuat wayah berbahan kertas
2.1 Membuat
wayang hewan dengan cara menjiplak, menggunting dan menempel
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menentukan perbedaan membaca puisi
dengan wacana lainnya
2.
Setelah
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membaca puisi dengan lancar
3.
Setelah
mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan soal-soal penjumlahan
dengan cara bersusun ke bawag dengan benar
4.
Dengan
menyelesaikan soal penjumlahan, siswa dapat menentukan tebakan nama hewan
dengan benar
5.
Dengan mengamati
contoh, siswa dapat mewarnai minimal dua buah gambar hewan dengan rapi
6.
Setelah
mewarnai, siswa dapat menggunting minimal dua buah gambar hewan dengan rapi
7.
Setelah
mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kembali bahan-bahan pembuat
wayang kertas
8.
Setelah
menggunting, siswa dapat menempelkan batang pada gambar tersebut sehingga
menjadi wayang kertas berbentuk hewan dengan rapi
D. Materi Pembelajaran
1. Membaca
puisi.
2. Membuat
wayang hewan.
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : ceramah, diskusi, tanya jawab
Pendekatan : scientific (mengamati, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasikan)
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1. Media
a. Buku
siswa
b. Berbagai
cetakan gambar binatang
c. Karton
d. Batang
es krim/kayu/bambu pegangan
e. Lem,
gunting
f. Alat
mewarnai
2. Sumber
Belajar
Sinyanyuri,
Sonya, dkk.2013.Buku Guru Tema
7 Benda, Hewab, dan Tanaman di Sekitarku..Buku Tematik Tepadu Kurikulum 2013.Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sinyanyuri,
Sonya, dkk.2013.Buku Siswa Tema
7 Benda, Hewab, dan Tanaman di Sekitarku..Buku Tematik Tepadu Kurikulum 2013.Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanyakan kabar mereka.
3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi
guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
Apersepsi: Siapa yang
sudah pernah membaca puisi?
4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan
yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan
tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru membuka
pelajaran dengan mengenalkan puisi. Guru meminta siswa melihat contoh puisi
yang ada pada buku siswa.
2.
Guru memberi
contoh cara membaca puisi yang baik.
3.
Siswa
mengikuti guru membaca puisi secara bertahap.
4.
Ulangi sampai
siswa paham dan dapat mengikuti contoh yang diberikan guru.
5.
Sampaikan
kepada siswa, mereka dapat menentukan gaya dan intonasi sendiri dalam membaca puisi.
6.
Secara
bergantian, siswa membaca puisi di depan kelas.
7.
Siswa membaca
teka-teki mengenai nama binatang. Teka-teki bisa dijawab setelah
menyelesaikan soal penjumlahan.
8.
Guru
mengingatkan kembali tentang cara menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan
cara bersusun ke bawah.
9.
Minta salah
satu siswa maju untuk menyelesaikan latihan soal yang diberikan guru.
Pastikan semua siswa bisa menyelesaikan soal penjumlahan menggunakan cara
bersusun ke bawah.
10.
Siswa
menyelesaikan soal-soal penjumlahan yang ada pada buku untuk menebak nama
hewan yang dimaksud dan menyebutkan jawabannya.
11.
Setelah
selesai, siswa diminta mewarnai dan menggunting berbagai pola binatang laut
lalu ditempelkan pada sebuah batang sehingga menjadi wayang hewan. Sampaikan
bahwa wayang merupakan salah satu budaya bangsa indonesia.
12.
Siswa mengamati
wayang hewan yang tinggal di laut dengan berbagai keunikannya, seperti
bintang laut bentuknya seperti bintang, kuda laut, cumi-cumi yang bisa
mengeluarkan tinta dan lain-lain.
|
|
Penutup
|
Guru menanyakan
kepada siswa tentang materi yang dipelajari. Dengan arahan guru, siswa
melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
|
15
menit
|
H. Penilaian
a. Teknik Penilaian
a. Penilaian
Sikap : Khusyuk
dalam berdoa, disiplin
di dalam
kelas, disiplin, percaya diri,
santun,
bekerja sama
b. Unjuk
Kerja : Membaca
puisi dan membuat wayang
hewan
c. Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis.
b. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang Dinilai
|
Jumlah
SKor
|
Nilai
|
|||||
Khusyuk
dalam berdoa
|
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Bekerja
sama
|
Sopan
Santun
|
Peduli
Lingku-ngan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
1: Kurang
2: Cukup
3: Baik Sekali
c. Penilaian Pengetahuan
1. Muatan
SBDP yang terdiri dari beberapa gambar binatang laut untuk diwarnai, digunting
kemudian dibuat menjadi wayang hewan.
2. Muatan Matematika yang terdiri dari 7soal.
d. Penilaian Pengamatan
1) Penilaian
Unjuk Kerja Membaca Puisi dan Membuat Wayang Hewan
No
|
Nama
Peserta Didik/Kelompok
|
Aspek
yang Dinilai
|
|||||||||||||||||||
Kemampuan
Membaca Puisi
|
Kepercayaan
Diri
|
Kemampuan
Menggunting Pola
|
Kemampuan
Menempel Batang
|
Kepercayaan
diri saat Menceritakan Hasil
|
|||||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 1:
Perlu Bimbingan; 2: Cukup; 3: Baik; 4: Baik Sekali
|
Rumus Perhitungan: Jumlah Skor
yang Diperoleh Siswa × 100
Skor
Ideal
Keterangan:
1. Jumlah
skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria
1, 2, 3, dan 4.
2. Skor
ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi
Rubrik
Kegiatan Membaca Puisi dan Membuat Wayang Hewan
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Cukup
(3)
|
Kurang
(2)
|
Perlu
Bimbingan (1)
|
1
|
Kemampuan
Membaca Puisi
|
Memenuhi
tiga aspek:
a. Membaca puisi dengan lancar
b. Intonasi tepat
c. Ekspresif
|
Memenuhi
dua dari tiga aspek
|
Memenuhi
satu dari tiga aspek
|
Belum
memenuhi semua aspek
|
2
|
Kepercayaan
Diri
|
Tidak
terlihat ragu-ragu
|
Terlihat
ragu-ragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum
berani tampil membaca puisi
|
3
|
Kemampuan
Menggunting Pola
|
Seluruh
pola menggunting terlihat rapi
|
Setengah
atau lebih pola menggunting terlihat rapi
|
Kurang
dari setengah pola menggunting terlihat rapi
|
Belum
mampu menggunting dengan rapi
|
4
|
Kemampuan
Menempel Batang
|
Rapi
dan kokoh
|
Rapi
dan tidak kokoh atau sebaliknya
|
Tidak
rapi dan tidak kokoh
|
Belum
mampu menempel
|
5
|
Kepercayaan
Diri saat Mencerita-kan Hasil
|
Tidak
terlihat ragu-ragu
|
Terlihat
ragu-ragu
|
Perlu
bantuan guru
|
Belum
menunkukkan keberanian untuk bercerita
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
........................................... ...........................................
NIP.................................... NIP...................................
0 komentar:
Posting Komentar