Keterampilan Membaca

A. Hakikat Membaca sebagai Aspek Keterampilan Berbahasa
1. Pengertian membaca
    Dalam berkomunikasi, membaca pada hakikatnya adalah proses decoding oleh penerima pesan, yaitu proses memaknai bentuk-bentuk bahasa tertulis sehingga pesan yang disampaiakan oleh pngirim pesan dapat diterima secara utuh. Seseorang dikatakan memiliki keterampilan membaca apabila yang bersangkutan dapat menafsirkan makna dan bentuk-bentuk bahasa tertulis (berupa kata, kalimat, paragraf, organisasi tulisan) yang dibacanya.


"Membaca adalah proses pengolahan bacaan secara kritis kreatif yang dilakukan dengan tujuan memperoleh pemahaman yang bersifat menyeluruh tentang bacaan itu, dan penilaian terhadap keadaaan, nilai, fungsi, dan dampak bacaan itu"

2. Manfaat Membaca
    Dunia modern tidak bisa dipisahkan dari dunia buku. Hampir semua orang melek huruf memerlukan buku. Karena dengan membaca adalah kunci ke gudang ilmu. ilmu yang tersimpan dalam buku harus digali dan dicari melalui kegiatan membaca.
 
   Dengan membaca, kita dapat mengetahui peristiwa-peristiwa waktu lampau atau waktu sekarang ditempat lain atau berbagai cerita yang menarik tentang kehidupan di dunia ini. Karena itu, sebagai salah satu jenis keterampilan berbahasa, keterampilan membaca sangat diperlukan dalam dunia modern seperti sekarang ini.

B. Ragam Membaca
Tujuan membaca:
1. Membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta.

2. Membaca untuk memperoleh ide-ide utama.
3. Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan, organisasi cerita.
4. Membaca untuk menyimpulkan, membaca inferensi.
5. Membaca untuk mengelompokan, membaca untuk mengklasifikasikan.
6. Membaca menilai, membaca mengevaluasi.
7. Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan

Sumber: Sunarti dan Anggraini, Deri.2009.Keterampilan Berbahasa Indonesia.Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Merkur 23C - xn - XN100B910a26eepc81il5g.online
Merkur 온카지노 23C - xn-24c-r-k-r-k-n-22-c-r-k-pk-25r-k-33 Merkur 23C Chrome Safety Razor with Extra-Long Handle 메리트카지노 - Open Comb 5 인카지노 reviews

Posting Komentar

Blogger Widgets